breaking news New

Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengunjungi Vietnam? Ini Dia Rekomendasi Waktu untuk Berwisata ke Vietnam

Vietnam adalah negara yang sempit tapi sangat panjang, terbentang di sepanjang Laut Cina Selatan. Ada perbedaan besar dalam pola cuaca antara Utara, yang meliputi ibu kota Hanoi dan Teluk Halong di dekatnya, dan Selatan, yang merupakan rumah bagi Kota Ho Chi Minh dan Delta Mekong, sementara Vietnam Tengah, dengan kota resor pantai yang populer di Danang dan Nha Trang, mengalami iklim yang dipengaruhi oleh Utara dan Selatan.

1. Vietnam Utara memiliki musim dingin dan musim panas yang berbeda. Musim dingin yang sebagian besar kering berlangsung dari November hingga April dan umumnya mulai hangat dan cerah hingga Desember, setelah itu cuaca musim dingin yang dingin datang, disertai dengan kabut yang sering menetap di daerah pesisir dan embun beku di daerah pegunungan di sekitar Sapa. Musim panas yang panas, lembap, dan basah berlangsung dari Mei hingga Oktober, dengan puncak curah hujan dari Juli hingga September. Secara umum, Maret/April dan Oktober/November adalah bulan terbaik untuk mengunjungi Utara dalam suhu hangat dan di bawah langit biru.

2. Vietnam Selatan mengalami empat musim tahunan: sejuk dan kering antara November dan Februari, sangat panas dan kering antara bulan Maret dan Mei, panas dan basah antara bulan Juni dan Agustus, dan sejuk dan sangat basah antara bulan September dan awal November. Waktu terbaik untuk mengunjungi Vietnam Selatan adalah musim dingin dan kemarau, ketika cuaca biasanya panas kering yang menyenangkan dan pedesaan sekitarnya masih hijau dari hujan. Meskipun sebagian besar hujan turun di sore hari yang singkat, perjalanan musim gugur umumnya tidak disarankan karena hujan lebat, badai tropis, dan bahkan topan dapat terjadi.

3. Vietnam Tengah mengalami pola cuaca yang dipengaruhi oleh Utara dan Selatan. Di sekitar Da Nang, musim hujan dimulai pada bulan September dan berlanjut hingga Januari, setelah itu cuaca cerah dan kering kembali. Lebih jauh ke Selatan, daerah Nha Trang mendapat manfaat dari musim kemarau yang lebih panjang (biasanya Januari hingga September), dengan suhu hangat dan sedikit hujan, sedangkan musim hujan berlangsung dari Oktober hingga awal Desember dengan hampir separuh curah hujan tahunan jatuh pada bulan Oktober dan November.


Dengan pola cuaca yang begitu rumit, mungkin sulit untuk merekomendasikan bulan tertentu untuk bepergian ke seluruh negeri. Namun, secara umum, musim semi misalnya Maret hingga awal Mei adalah musim yang paling disukai untuk bepergian keliling Vietnam, karena cuacanya kering, hangat dan cerah di Selatan, Tengah, dan Utara. Maret menawarkan suhu yang lebih nyaman daripada Mei, yang bisa sangat panas. Dengan ini kamu tahu waktu terbaik untuk berwisata ke Vietnam.